RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJRAN (RPP)
ALLAH MAHA PENCIPTA
Guna Memenuhi
Tugas
Mata
Kuliah: Microteaching
Dosen Pengampu: Bapak Ismail SM
Disusun Oleh:
Sandi Milzam Fortuna 123311037
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD
NURUL ISLAM SEMARANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : II/1
Tema : Allah Maha
Pencipta
Subtema : Yakin Allah
Itu Maha Pencipta
AlokasiWaktu : 20 Menit
A.
Kompetensi Inti
KI-1 Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah maupun
lingkungan.
B.
Kompetensi Dasar
1.4 Meyakini
adanya Allah Swt. Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
3.2 Mengetahui
keesaan Allah Swt. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci
berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai
di sekitar rumah dan sekolah
4.2 Melakukan
pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar
rumah dan sekolah sebagai implementasi iman kepada Allah Swt. Yang Maha
Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mengimani adanya Allah Swt Yang Maha pencipta alam semesta
2.
Mengetahui keesaan Allah Swt. Yang Maha Pengasih, Maha
Penyayang, dan Maha Suci
3.
Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan
Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman
kepada Allah Swt.
D.
TujuanPembelajaran
1.
Menyebutkan bukti kebesaran ciptaan Allah Swt. dengan
benar.
2.
Menyebutkan cara memanfaatkan ciptaan Allah Swt.
dengan benar.
3.
Menjelaskan bukti kebesaran ciptaan Allah Swt. dengan
benar.
4.
Bersyukur atas makhluk ciptaan Allah Swt. yang Maha
Pencipta dengan benar.
5.
Membiasakan bersyukur atas pemberian Allah Swt. dengan
benar.
E. Materi Pembelajaran
Beberapa Bukti
Allah Swt. Yang Maha pencipta
Kebesaran Allah
dalam Keluarga
Allah menciptakan dunia ini dengan sifat harmoni alam yang selalu terjaga. Lihatlah kehidupan anak-anak kecil di
keramaian, anak-anak itu mempunyai keluarga tempat mereka pulang dan berkumpul
bersama. Ayah dan ibu mereka
menunggu dengan rasa cinta dan sayang. Mereka siap membesarkan anak-anak hingga besar dan dewasa. Rasa
cinta dan sayang ayah ibu kepada
anak adalah pemberian Allah Swt. Bayangkan seandainya orangtua tidak diberikan rasa cinta dan kasih
sayang. Pasti anak itu akan terlantar, entah kemana. Semua itu bukti bahwa Allah
tidak membiarkan alam ini
setelah diciptakan. Namun juga selalu dijaga-Nya. Dalam Q.S. at-Tahrīm ayat 6, artinya: “Jagalah
dirimu dan keluargamu dari api neraka”. Dari ayat tersebut dapat dimaknai bahwa Allah menugasi
orangtua untuk menyayangi dan
mendidik keluarga. Dalam ayat lain
Allah berpesan: “Dan hendaklah takut kepada Allah orangorang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka
anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka". (Q.S. an-Nisā' /3: 9).
Melihat Kebesaran Allah dari Ciptaan-Nya.
Ajarilah anak merenungkan seekor sapi, indahnya matahari, dan luasnya lautan. Sapi diciptakan untuk menjadi salah satu
hidangan lezat bagi manusia. Makanannya berupa rumput-rumput halus menjadikan
daging sapi lebih sehat. Susunya
berlimpah agar dikonsumsi untuk kesehatan anak, kaum muda, dan orangtua. Dagingnya juga bisa dimasak
dalam aneka macam masakan yang
lezat. Allah tidak kekurangan cara dalam memberi rezeki kepada manusia. Renungkan pula matahari yang seperti bola api, mengapa
diciptakan demikian? Ada
berjuta manfaat matahari. Amati juga cara kerja matahari ketika mengitari tatasurya. Andaikata dunia ini
tanpa matahari, pasti manusia
kedinginan selamanya, gelap gulita, dan bahkan akan membeku. Dengan adanya matahari, badan menjadi sehat. Dan
yang paling penting, jarak matahari
dengan bumi tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh. Sehingga manusia tidak terbakar oleh matahari atau
membeku. Lautan yang
sangat luas juga demikian. Allah menciptakan lautan yang sangat luas. Semata-mata untuk kepentingan manusia.
Di dalamnya, terdapat sumber
makanan yang sangat besar nilai gizinya. Semua itu menunjukkan bahwa Allah Mahapencipta, dan sungguh
luar biasa dalam merencanakan
kehidupan ini.
F. MetodePembelajaran
Ceramah interaktif
Short Card
Team Games
G.
Media Pembelajaran
Power point
Video
Poster/Gambar
H.
SumberBelajar
Al Qur’an dan Terjemahnya
Buku PAI
I.
Langkah-langkah Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Pembelajaran
dimulai dengan cara guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.
Memeriksa
kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran
c.
Menyapa peserta
didik dengan ramah
d.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
e.
Beberapa
alternatif media/alat peraga/alat bantu dapat berupa ilustrasi gambar atau
tayangan visual (film) yang relevan.
f.
Beberapa
alternatif model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1)
ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau
tayangan visual/film yang bersifat kontekstual/kekinian), (2) diskusi dalam
bentuk the educational-diagnosis meeting artinya peserta didik
berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi
pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing
memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan
dalam pelaksanaan diskusi. (3) keluar ruang kelas untuk menjadikan materi
dalam mata pelajaran hidup dan bersifat faktual-kontekstual. Setelah selesai
sesuai kebutuhan, peserta didik melanjutkan pembelajaran di dalam kelas.
|
5 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
1.
Peserta didik
mengamati gambar/ilustrasi tentang kebesaran ciptaan Allah Swt. di dalam buku
teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
2.
Peserta didik
diberi kesempatan bertanya tentang hal yang telah diamatinya, apabila
mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar
peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.
3.
Pertanyaan
peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan
bagaimana.
4.
Pertanyaan
peserta didik diinventarisir guru.
5.
Selanjutnya
secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan
menjawab beberapa pertanyaan.
6.
Proses
mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh
guru sehingga berjalan dengan baik.
7.
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut, baik secara individu maupun hasil kerja
kelompok.
8.
Peserta didik
atau kelompok lain menanggapi beberapa pendapatnya.
9.
Salah satu
peserta didik atau perwakilan kelompok diminta menyimpulkan maksud isi gambar
tersebut.
10. Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan
tentang maksud gambar tersebut.
11. Selanjutnya peserta didik menyimak penjelasan guru tentang
beberapa bukti ciptaan Allah Swt. sesuai konteks masalah yang telah
dikemukakan.
12. Dari hasil menyimak paparan tersebut, peserta didik
diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara
berkelompok.
13. Peserta didik membuat rumusan yaitu mengaitkan makna
ciptaan Allah dengan persoalan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).
14. Menyampaikan hasil diskusi baik secara individu maupun
perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulannya.
15. Peserta didik bernyanyi baris per baris lagu Allah Maha
Pencipta.
16. Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik
bersama-sama mengagumi ciptaan Allah dengan mengucapkan “Subhānallāh
walhamdulillāh walāilaha illallāh wallāhu akbar”.
17. Pada rubrik “Ayo Kerjakan”
a.
Peserta didik
secara bergiliran menyebutkan sebanyak-banyaknya ciptaan Allah.
b.
Lakukan
secara bergantian dengan teman sebangku atau teman lainnya.
18. Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa”
guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’
atau ‘tidak’.
|
12 Menit
|
3.
|
Penutup
a.
Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
b.
Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas
baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik
|
3 Menit
|
J.
Penilaian Hasil
Belajar
Guru melakukan penilaian terhadap
peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada rubrik “Ayo
Berlatih”.
Penskoran
Benar dan lengkap = 4
Menjawab benar kurang lengkap = 3
Menjawab benar kurang tepat = 2
Menjawab tetapi salah = 1
Kunci Jawaban
Kunci jawaban ini dapat dikembangan
oleh guru. Maksudnya dimungkinkan siswa menjawab dengan jawaban lain. Apabila
jawabannya benar (tidak bergantung pada bacaan yang ada) maka skornya tetap
benar.
Nama siswa: …………………………………..
KunciJawaban
|
Skor
|
1 – 4
|
|
1 – 4
|
|
Skor
maksimum
|
8
|
Nilai siswa = (nilai perolehan : 8) x 10 atau 100
Observasi
Mengamati pelaksanaan dialog
No
|
Nama
|
Keaktifan/kerjasama/keberanian
|
||
tinggi
|
sedang
|
Rendah
|
||
1
|
||||
2
|
Tes
Tes lisan dan tertulis
Aspek:
Keaktifan
Kerjasama
Mengapresiasi
Kemampuan
berbahasa
K.
Pengayaan
Dalam
kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi,
diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa
gambar yang menceritakan Allah Maha pencipta. Misalkan
guru meminta mengamati gambar di selanjutnya memberikan komentar.
L.
Remedial
Bagi
peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai KKM), guru
menjelaskan kembali materi kebesaran Allah yang Maha menciptakan alam ini
(lihat di rubrik pengembangan materi). Selanjutnya melakukan penilaian kembali
(lihat poin 6) dalam kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan
remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30
menit setelah jam pulang.
M.
Interaksi Guru dan Orang tua
Guru
meminta peserta didik memperlihatkan rubrik “Insya Allah Aku Bisa” dalam buku
teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf (halaman terakhir
Pelajaran 3). Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan
orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati yang
berkaitan dengan keyakinan kepada Allah Swt sebagai Tuhan Maha Pencipta di
dalam keluarganya. Misalnya orang tua diminta mengamati perilaku dan kegiatan kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Ttd.
NIP. ......................................
|
Semarang,
......................................
Guru Mata Pelajaran PAI
Ttd.
Sandi Milzam Fortuna
NIM. 123311037
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar