Rabu, 10 Juni 2015

RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJRAN (RPP) ALLAH MAHA PENCIPTA


RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJRAN (RPP)
ALLAH MAHA PENCIPTA

Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Microteaching
Dosen Pengampu: Bapak Ismail SM





Disusun Oleh:


Sandi Milzam Fortuna                        123311037



FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2015





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SD NURUL ISLAM SEMARANG
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    II/1
Tema                                   :    Allah Maha Pencipta
Subtema                              :    Yakin Allah Itu Maha Pencipta  
Materi Pokok                      :    Yakin Allah Itu Maha Pencipta  
AlokasiWaktu                     :    20 Menit

A.      Kompetensi Inti
KI-1  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah maupun lingkungan.

B.       Kompetensi Dasar
1.4 Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
3.2  Mengetahui keesaan Allah Swt. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
4.2 Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman kepada Allah Swt. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.         Mengimani adanya Allah Swt  Yang Maha pencipta alam semesta
2.         Mengetahui keesaan Allah Swt. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci
3.         Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman kepada Allah Swt.

D.      TujuanPembelajaran
1.         Menyebutkan bukti kebesaran ciptaan Allah Swt. dengan benar.
2.         Menyebutkan cara memanfaatkan ciptaan Allah Swt. dengan benar.
3.         Menjelaskan bukti kebesaran ciptaan Allah Swt. dengan benar.
4.         Bersyukur atas makhluk ciptaan Allah Swt. yang Maha Pencipta dengan benar.
5.         Membiasakan bersyukur atas pemberian Allah Swt. dengan benar.

E.       Materi Pembelajaran
Beberapa Bukti Allah Swt. Yang Maha pencipta
Kebesaran Allah dalam Keluarga
Allah menciptakan dunia ini dengan sifat harmoni alam yang selalu terjaga. Lihatlah kehidupan anak-anak kecil di keramaian, anak-anak itu mempunyai keluarga tempat mereka pulang dan berkumpul bersama. Ayah dan ibu mereka menunggu dengan rasa cinta dan sayang. Mereka siap membesarkan anak-anak hingga besar dan dewasa. Rasa cinta dan sayang ayah ibu kepada anak adalah pemberian Allah Swt. Bayangkan seandainya orangtua tidak diberikan rasa cinta dan kasih sayang. Pasti anak itu akan terlantar, entah kemana. Semua itu bukti bahwa Allah tidak membiarkan alam ini setelah diciptakan. Namun juga selalu dijaga-Nya. Dalam Q.S. at-Tahrīm ayat 6, artinya: “Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”. Dari ayat tersebut dapat dimaknai bahwa Allah menugasi orangtua untuk menyayangi dan mendidik keluarga. Dalam ayat lain Allah berpesan: “Dan hendaklah takut kepada Allah orangorang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka". (Q.S. an-Nisā' /3: 9).
Melihat Kebesaran Allah dari Ciptaan-Nya.
Ajarilah anak merenungkan seekor sapi, indahnya matahari, dan luasnya lautan. Sapi diciptakan untuk menjadi salah satu hidangan lezat bagi manusia. Makanannya berupa rumput-rumput halus menjadikan daging sapi lebih sehat. Susunya berlimpah agar dikonsumsi untuk kesehatan anak, kaum muda, dan orangtua. Dagingnya juga bisa dimasak dalam aneka macam masakan yang lezat. Allah tidak kekurangan cara dalam memberi rezeki kepada manusia. Renungkan pula matahari yang seperti bola api, mengapa diciptakan demikian? Ada berjuta manfaat matahari. Amati juga cara kerja matahari ketika mengitari tatasurya. Andaikata dunia ini tanpa matahari, pasti manusia kedinginan selamanya, gelap gulita, dan bahkan akan membeku. Dengan adanya matahari, badan menjadi sehat. Dan yang paling penting, jarak matahari dengan bumi tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh. Sehingga manusia tidak terbakar oleh matahari atau membeku. Lautan yang sangat luas juga demikian. Allah menciptakan lautan yang sangat luas. Semata-mata untuk kepentingan manusia. Di dalamnya, terdapat sumber makanan yang sangat besar nilai gizinya. Semua itu menunjukkan bahwa Allah Mahapencipta, dan sungguh luar biasa dalam merencanakan kehidupan ini.

F.       MetodePembelajaran
Ceramah interaktif
Short Card
Team Games

G.      Media Pembelajaran
Power point
Video
Poster/Gambar

H.      SumberBelajar
Al Qur’an dan Terjemahnya
Buku PAI

I.         Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Pembelajaran dimulai dengan cara guru mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.    Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran
c.    Menyapa peserta didik dengan ramah
d.   Menyampaikan tujuan pembelajaran
e.    Beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantu dapat berupa ilustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
f.     Beberapa alternatif model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film yang bersifat kontekstual/kekinian), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi. (3) keluar ruang kelas untuk menjadikan materi dalam mata pelajaran hidup dan bersifat faktual-kontekstual. Setelah selesai sesuai kebutuhan, peserta didik melanjutkan pembelajaran di dalam kelas.













5 Menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi tentang kebesaran ciptaan Allah Swt. di dalam buku teks dan guru memberikan petunjuk secara teknis proses observasi.
2.      Peserta didik diberi kesempatan bertanya tentang hal yang telah diamatinya, apabila mengalami kesulitan guru memberikan bimbingan dan panduan (stimulus) agar peserta didik mencari tahu dengan cara menanya.
3.      Pertanyaan peserta didik yang diharapkan tidak saja apa atau siapa, tetapi mengapa dan bagaimana.
4.      Pertanyaan peserta didik diinventarisir guru.
5.      Selanjutnya secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
6.      Proses mendapatkan tanggapan dan jawaban atau pelaksanaan diskusi difasilitasi oleh guru sehingga berjalan dengan baik.
7.      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut, baik secara individu maupun hasil kerja kelompok.
8.      Peserta didik atau kelompok lain menanggapi beberapa pendapatnya.
9.      Salah satu peserta didik atau perwakilan kelompok diminta menyimpulkan maksud isi gambar tersebut.
10.  Peserta didik diberi penjelasan tambahan dan penguatan tentang maksud gambar tersebut.
11.  Selanjutnya peserta didik menyimak penjelasan guru tentang beberapa bukti ciptaan Allah Swt. sesuai konteks masalah yang telah dikemukakan.
12.  Dari hasil menyimak paparan tersebut, peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secara berkelompok.
13.  Peserta didik membuat rumusan yaitu mengaitkan makna ciptaan Allah dengan persoalan kehidupan nyata sehari-hari (kontekstual).
14.  Menyampaikan hasil diskusi baik secara individu maupun perwakilan kelompok dan menyampaikan kesimpulannya.
15.  Peserta didik bernyanyi baris per baris lagu Allah Maha Pencipta.
16.  Pada rubrik “Sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengagumi ciptaan Allah dengan mengucapkan “Subhānallāh walhamdulillāh walāilaha illallāh wallāhu akbar”.
17.  Pada rubrik “Ayo Kerjakan”
a.       Peserta didik secara bergiliran menyebutkan sebanyak-banyaknya ciptaan Allah.
b.      Lakukan secara bergantian dengan teman sebangku atau teman lainnya.
18.  Pada rubrik “Insya Allah Aku Bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (√) pada rubrik ‘ya’ atau ‘tidak’.






























12 Menit
3.
Penutup
a.  Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
b. Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik




3 Menit

J.             Penilaian Hasil Belajar
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu menjawab pertanyaan pada rubrik “Ayo Berlatih”.

Penskoran
Benar dan lengkap = 4
Menjawab benar kurang lengkap = 3
Menjawab benar kurang tepat = 2
Menjawab tetapi salah = 1

Kunci Jawaban
Kunci jawaban ini dapat dikembangan oleh guru. Maksudnya dimungkinkan siswa menjawab dengan jawaban lain. Apabila jawabannya benar (tidak bergantung pada bacaan yang ada) maka skornya tetap benar.

Nama siswa: …………………………………..
KunciJawaban
Skor

1 – 4

1 – 4
Skor maksimum
8
Nilai siswa = (nilai perolehan : 8) x 10 atau 100

Observasi
Mengamati pelaksanaan dialog
No
Nama
Keaktifan/kerjasama/keberanian
tinggi
sedang
Rendah
1




2





Tes
Tes lisan dan tertulis

Aspek:
Keaktifan
Kerjasama
Mengapresiasi
Kemampuan berbahasa

K.           Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, bagi peserta didik yang sudah menguasai materi, diminta mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan berupa gambar yang menceritakan Allah Maha pencipta. Misalkan guru meminta mengamati gambar di selanjutnya memberikan komentar.

L.            Remedial
Bagi peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai KKM), guru menjelaskan kembali materi kebesaran Allah yang Maha menciptakan alam ini (lihat di rubrik pengembangan materi). Selanjutnya melakukan penilaian kembali (lihat poin 6) dalam kegiatan mengamati gambar yang sejenis. Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang disesuaikan, misalnya 30 menit setelah jam pulang.

M.          Interaksi Guru dan Orang tua
Guru meminta peserta didik memperlihatkan rubrik “Insya Allah Aku Bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf (halaman terakhir Pelajaran 3). Dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati yang berkaitan dengan keyakinan kepada Allah Swt sebagai Tuhan Maha Pencipta di dalam keluarganya. Misalnya orang tua diminta mengamati perilaku dan kegiatan kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari di rumah.



Mengetahui,
Kepala Sekolah

Ttd.


NIP. ......................................
Semarang, ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI

Ttd.

Sandi Milzam Fortuna
NIM. 123311037





Tidak ada komentar:

Posting Komentar